Hamka Hamzah Kritisi Aremania yang Terus Nyanyikan Lagu Bernada Kebencian

Hamka Hamzah Kritisi Aremania yang Terus Nyanyikan Lagu Bernada Kebencian

Lagu bernada kebencian masih saja dibunyikan di partai sepak bola Indonesia, seperti di pertandingan Derbi Jawa Timur yang mempertarungkan Arema FC serta Persebaya. Sang pemimpin, Hamka Hamzah juga mengkritisi sikap Aremania yang dianggap tidak begitu terpuji itu.

Laga lanjutan matchday ke-24 Liga 1 2018 itu diselenggarakan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang di Sabtu (6/10).

Sikap negatif Aremania menodai hasil positif Arema FC atas Persebaya Surabaya pada pertandingan Liga satu penuh gengsi itu.

Sebab, selama pertandingan berlangsung, pendukung militan Singo Edan ini kerap menyanyikan lagu-lagu bernada kebencian yang disangkakan pada keluarga raksasa skuat tamu, khususnya pada para pendukungnya, Bonek.

Hal tersebut lalu jadi sorotan publik sepak bola Indonesia.

Tidak terlepas dari ingatan apabila Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menyatakan bakal memerangi yel-yel yang tidak layak didengar seperti ini.

Lagu-lagu ini, disebut menjadi biang keladi serta salah satu penyebab utama maraknya anarkis serta persaingan buta di kalangan para pendukung.

Hamka Hamzah, sebagai leader tim mengakui bahwa ia prihatin dengan perbuatan para pendukungnya itu.

“Sebenarnya buat pelemparan-pelemparan aku saksikan sudah berkurang. Jika tentang lagu ya aku sendiri amat menyayangkan, namun tak simpel supaya puluhan 000 orang tak nyanyi ini, ” tutur Hamka Hamzah, kutip BolaSport. com melalui Surya Malang.

“Namun itu balik lagi menuju pribadi sendiri-sendiri. Namun tentang ini memang kita semua seharusnya bersama-sama menyuarakan perdamaian. Tak simpel memang dapat memberi arahan puluhan ribu manusia buat stop bernyanyi lagu yang tak enak didengar. Namun perlahan dapat lenyap, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.